Selasa, 07 Februari 2012

PROBLEM DENGAN KARYAWAN SENDIRI

Pada setiap sesi kursus Marketing dan Management Salon saya selalu mendapatkan banyak pertanyaan mengenai Staff Salon. Pertanyaan yang paling sering dilemparkan kepada saya adalah:
  • Bagaimana menghadapi staff senior yang "merasa" lebih pandai dari pada pemilik salon
  • Training Karyawan atau terapis
  • Peraturan apa yang perlu ditegakkan di dalam bisnis salon
  • menghadapi complain customer karena kesalahan karyawan
  • Tingkat kebersihan salon 
  • Stock barang yang sering hilang
Baru-baru ini peserta kursus saya - sebut saja namanya Dina - mempunyai problem dengan staff senior-nya, yang selalu merasa lebih pintar darinya, bahkan kalau Dina sedang bekerja membuat pembukuan staff ini tidak segan-segan duduk dihadapannya dan ikut nimbrung sehingga tidak ada privacy dalam bekerja. Segudang keluhan sudah diterima Dina dari pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan staff senior ini. Pada awalnya Dina adalah teman baik dari karyawannya dan merintis bersama dari awal pembuatan salonnya. Sehingga kadang kala sudah tidak ada batas lagi.

Dalam menghadapi kasus seperti ini, kita sebagai pemilik salon dan juga "teman dari karyawan harus mengambil tindakan yang bijaksana namun tegas. Tindakan dapat dimulai dengan membuka percakapan tentang kemajuan salon tentang masukan-masukan atau idea terbaru untuk menaikkan jumlah customer di salon....namun apabila suasana sudah mencair barulah kita bisa masuk kedalam inti pembicaraan. Sebutkan apa yang diinginkan dari kita sebagai pemilik salon, beritahukan betapa banyak pengaduan yang masuk mengenai dirinya namun itu semua bisa diambil sebagai pelajaran yang berharga. Pada sesi ini kita bisa memberikan pernyataan-pernyataan yang tegas untuk hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di salon.

Ikutin terus setiap problem yang dapat dipecahkan bersama di salon anda...
see you next time....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar